Senin, 16 Januari 2017

Tips Memilih Catering Pernikahan Murah Jogja

Tips Memilih Catering Pernikahan Murah Jogja

CATERING. Delapan huruf doang, tapi maknanya guedee banget buat orang yg mau nikah. Bukan maknanya doang, tapi budget paling gede (ya Allah gede banget) saat kamu mau nikah yg terletak di point ini. Sekedar share, aku mencari catering 4 bulan sebelum pernikahan dan hamdallah langsung ketemu yg cocok di kantong dan mulut, yaitu Chikal Catering. Kamu gak pernah denger? Berarti budget kawinan kamu gede karena Chikal ini levelnya menengah banget, aku aja sampe bingung dia ngambil untung di mana karena Chikal itu best value dilihat dari menong-menong. Tapi sebelum beranjak mereview Chikal di postingan selanjutnya, berikut beberapa tips dalam memilih vendor catering agar tidak sesat di jalan dan terpaksa nanya ojek dan mau gak mau digodain abang ojeknya:

Catering Pernikahan Murah Jogja 082136514959
Catering Pernikahan Murah Jogja 082136514959 

1. Tanggal
Pastikan catering tersebut masih lowong dan gak ada yg meminangnya di tanggal yg kamu mau. Biasanya si catering emang perform di beberapa kawinan dalam satu hari, tapi menurut hemat aku jangan milih catering yg sampe puluhan performnya di satu waktu, takutnya keteteran. Lebih mudah lagi bila kamu sudah DP gedung sehingga nggak usah nanya-nanya alternatif tanggal ke si catering. Satu tanggal aja. Fix.

2. Rekanan Gedung
Cek apakah catering yg kamu mau adalah rekanan dari gedung yg kamu pakai. Karena hal ini berhubungan dgn charge yg biasanya dibebankan dari gedung. bila rekanan, ada yg bebas charge, ada yg chargenya jadi lebih murah. Kalau tidak rekanan, biasanya harga membumbung tinggi. Namun ada untungnya juga kalau bukan rekanan dan si catering ngasih harga yg wajar, karena biasanya si catering bakal perform sebaik mungkin supaya dia dimasukkan daftar rekanan si gedung.

3. Survei survei survei!
Jangan males browsing dan tanya-tanya. Bandingkan catering yg kamu mau dgn catering lain yg levelnya sama. Yaiyalah, istilahnya masa ngebandingin Dian Sastro sama Dewi Persik. Beda kelas, bro! Perbandingannya dari apa? Harga, rasa, kemudahan komunikasi, performance, testimonial dari orang-orang yg pernah memakai catering tersebut, dll. Lebih baik kalau kamu ikut forum-forum pernikahan seperti Weddingku atau Female Daily sehingga bisa rumpiiiik sama capeng-capeng lain.

4. List Harga Terbaru
Dapatkan list harga catering yg terbaru. Lebih baik langsung tanya ke catering yg ditarget daripada minta pricelist sana sini. Karena, beda variabel seperti beda gedung, beda tanggal, beda menu, beda kuantitas tamu, semuanya menentukan harga si catering. Tapi gak papa juga sih kalo mau nanya-nanya dan membandingkan harga dgn tahun-tahun kemarin. yg jelas, siapa sih yg suka dibandingin? Kamu gak bisa banget fokus dan melihat hubungan aku dan kamu tanpa ngebandingin aku dgn mantan kamu mas? HAH? HAH?



5. Paket/Lepasan?
Apakah kamu hanya mau catering saja ataukah sekalian paketan? Biasanya sih catering-catering sekarang punya paket lengkap yg sudah sekalian dgn dekor, pelaminan, dokumentasi, makeup, dan segala tetek bengkak bengeknyah. Seperti yg aku dan kamu tau, apa-apa yg punya paketan biasanya lebih murah kan? Murah namun tidak terlalu spektakuler. Jadi it’s your choice apakah mau memilih catering yg paketan atau yg tidak. Jangan lupa untuk mengecek vendor-vendor dari catering tersebut, apakah cukup mumpuni atau tidak. yg jelas jangan sampe pilih kejar paket C ya anak-anak..

6. Say NO to marketing gengges
aku sempat dihubungi oleh pihak-pihak catering yg katanya rekanan si gedung beberapa bulan sebelum D-Day. aku bilang kalau budget aku kecil, eh dia maksa kalau bisa kok disesuaikan. Ya iya budgetnya dia kecilin tapi porsi makanan dikurangin sampe setengahya. Belom lagi doski telpon-telpon dan sms terus. Ini masih mending, lihat di beberapa forum malah ada marketing yg nyamperin ke kantor dan rumah. Hih, somehow kalo caranya gak elegan, aku makin yakin kalo catering ini gak oke.

7. Menu Andalan
Beberapa catering ada yg dikenal jagoan di beberapa makanan gubukan. Misalnya saja Alfabet dgn siomaynya, Caterindo dgn zuppa soupnya, ataupun DTC dgn mashed potatonya. Jadikan itu pertimbangan bila kamu mau memilih makanan gubukan.

8. Test Food
Ini dia yg wajib dan dosa kalau dilewatkan. Pahalanya seribu bulan deh kalau sempat test food! Test food yg gratisan ini bisa kamu manfaatkan untuk mencoba segala menu dan gubukan untuk menimang-nimang apakah kamu jadi atau tidak dalam memilih catering tersebut. Eits, test food ini bukan hanya soal rasa makanan, tapi juga kebersihan, kecekatan petugas catering, sampai dekor (kalau sepaket). Kalau ada yg gak sreg, catet apa-apa saja untuk jadi masukan ke catering tersebut. Percaya deh, pihak catering malah seneng kok kalau dikasih masukan gitu. Kalau dia difensif? Ya berarti aku dan kamu tau doong, ini catering patut diperjuangkan apa nggak. Oh ya, test food biasanya ada terpisah dari resepsi pernikahan. Kalau aku beberapa kali test food sok-sok jadi tamu biar bisa ngelihat bener-bener gemana performance catering tersebut. Jangan lupa kasih angpau di kotak si pengantin, jangan jahat-jahat amat kalo jadi wedding crasher. x)

9. Minta Diskon
Kalau kamu sudah sreg dgn segalanya, minta diskon langsung dgn ownernya. Biasanya owner yg baik tidak akan menolak begitu saja. Mungkin harganya tidak dikurangi, namun porsi makanan yg ditambah. Tirukan adegan-adegan kayak di film India yg sedikit meratap, ataupun beri tatapan Rano Karno ketika ia sedih saat ayahnya meninggal di filem apa itu yg dia diorbitin jadi penyanyi cilik. Niscaya owner akan luluh hatinya dan kamu akan dijadiin anak angkat.

10. Pembayaran
Perhatikan detail pembayaran, jangan sampai harus jebret bayar sekaligus. yg bener itu sih biasanya DP (10%), pembayaran ke-2 (70%), dan pembayaran setelah pestanya selesai (20%). Pembayaran terakhir itu bisa jadi senjata juga untuk tidak dibayar penuh kalau pesta perkawinan kamu ada yg gak berjalan lancar. Misalnya ada warna yg gak sesuai, kaca yg pecah, ataupun makanan yg gak sesuai. Tapi Insha Allah pembayaran akan dibayar penuh karena semuanya lancar. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar